Cita-Cita Ku Harus Melebihi Kemampuan Saya!


Apa yang dimaksud cita-cita yang tinggi?

Bercita-cita tinggi adalah ketika seseorang menganggap kecil atau sepele sesuatu yang dibawah sebuah cita-cita yang paling tinggi. Adapun dikatakan orang yang bercita-cita rendah adalah pada saat seseorang tidak berhasrat untuk sebuah prestasi yang tinggi dan ridha dengan sesuatu yang biasa-biasa saja. Syaikhul Islam berkata: “Orang awam sering mengatakan bahwa ‘Harga diri setiap orang tergantung pada apa yang menjadikan dia dilihat baik,’ adapun orang-orang tertentu (ulama) mengatakan ‘Harga diri seseorang sesuai dengan keinginannya.’”


Salafushshalih senantiasa menasehati: “Jagalah cita-citamu karena itu adalah permulaan dari amalmu, maka barang siapa benar cita-citanya dan jujur maka benarlah amal-amal setelahnya.” Ibnul Jauzi berkata: Di antara tanda kesempurnaan akal adalah cita-cita yang tinggi.” Beliau juga mengatakan, “Saya tidak melihat aib seseorang sebagai aib layaknya seorang yang mampu mencapai derajat kesempurnaan kemudian dia tidak mewujudkannya.”

Dari pertama kita lahir dimuka bumi ini, kita telah ditentukan oleh Allah Swt  : Jodoh , Rezeki , Kematian semua itu telah ditentukan oleh Allah .... mungkin sebagai dari kita berfikir untuk apa berusaha menjadi orang kaya toh nasib kita telah ditentukan, ada juga yang untuk apa beramal toh nantik setelah yaumul akhir kita telah ditentukan Akhirat atau Surga tempat kita kita kelak. 

Tapi Allah Swt menegaskan kita untuk selalu berusaha menjadi yang terbai, berusaha untuk selalu menjadi umat islam kaya yang selalu berusaha menjadikan semua titipan Allah Swt  kepada kita untuk bertasbih kepadanya. Rasulullah Saw adalah pemimpin yang begitu muliah akhlaknya, walaupun beliau telah di janjikan oleh Allah Swt Surga, tetapi beliau senantiasa bersujud kepada Allah Swt dan tidak pernah ada sidikitpun rasa untuk menyombonkan diri..

Maka Sahabat dirumah semua ...:) Oleh karena itu marilah kita selalu berusaha menjadi pribadi kaya harta, Ilmu dan dengan semua titipin Allah Swt kita selalu bertasbih kepada-Nya. Amien Ya Rabbal Alamin



Posted in:

0 komentar for "Cita-Cita Ku Harus Melebihi Kemampuan Saya!"

Leave a reply